Mengenal Pentingnya Tauhid dan Macamnya #1

mengenal-pentingya-tauhid-dan-macamnya

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

  1. saudaraku,, ketahuilah bahwa tauhid merupakan hal pokok pertama yang sangat utama. buktinya, Allah Subhanahu wa Taala menciptakan jin dan manusia, sebab tauhid. Al-Qur’an yang kita baca sebagian besar isinya memfokuskan pada tauhid. pun, Allah Subhanahu wa Taala mengutus para rosul yang semuanya ditugaskan untuk mendakwahkan tauhid.
    .
  2. semua Nabi memulai dakwahnya dengan tauhid karena Allah memang memerintahkan hal demikian. Allah Subhanahu wa Taala , berfirman :

    وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ قَبْلِكَ مِنْ رَسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ
    .
    ” dan tidaklah Kami mengutus sebelum kamu seorang Rasul kecuali Kami wahyukan kepadanya bahwa tidak Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.” [Al-Anbiya : 25]
    .
  3. Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam selama 13 tahun di mekah, Beliau Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam hanya fokus mendakwakan tauhid, yakni mengajak orang-orang quraisy agar menyembah Allah Subhanahu wa Taala semata dan meninggalkan sesembahan selain-Nya.
    .
  4. Beliaupun Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam mengajarkan kepada sahabat agar menjadikan dakwah tauhid sebagai dakwah yang pertama dan utama. Beliau Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam bersabda kepada Muadz bin Jabal Radhiyallahu ‘anhu ketika akan diutus ke negeri yaman.
    .
    “Maka hendaklah yang pertama kali engkau dakwahkan yakni agar mereka mentauhidkan Allah Subhanahu wa Taala.” [Muttafaqun ‘Alaihi]
    .
  5. oleh karena itu, mengingat betapa pentingnya tauhid, maka Nabi Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam tidak mau meninggalkan dakwah ini walupun beliau ditawari kekuasaan, harta, kedudukan, bahkan wanita sekalipun.
    .
  6. saudaraku,, kita yang berlumuran dosa dan sedikit beramal bisa tertolong dimasukkan ke dalam surga dengan sebab tauhid. yaitu dengan tidak pernah berbuat syirik dan mati di atas tauhid. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam telah mengabarkan berita gembira ini dalam hadits-haditsnya.
    .
  7. Allah Subhanahu wa Taala berfirman dalam hadits Qudsy :
    .
    “Wahai hambaKu.. seandainya engkau datang kepadaku dengan dosa sepenuh bumi, namun engkau tidak berbuat syirik, maka niscaya Aku akan mendatangkan ampunan kepadamu sepenuh bumi pula.” [HR. Tirmidzi]
    .
  8. setelah menyadari betapa pentingnya dakwah tauhid ini dan juga mengetahui keutamaan belajar tauhid, maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk abai dan mengesampingkan dakwah tauhid ini.
    .
  9. saudaraku,, setelah meneliti isi Al-Qur’an, para ulama mendapati sebuah kesimpulan bahwa tauhid itu terdiri dari 3 macam, yaitu : Tauhid Rububiyyah, Tauhid Uluhiyyah, dan Tauhid Asma Wa Sifat.
    .
  10. Tauhid Rububiyyah adalah pengakuan bahwa Allah Subhanahu wa Taala adalah Rabb satu-satunya yang menciptakan, memberi rezeki, mengatur alam semesta. Tauhid ini terkait dengan perbuatan Allah Subhanahu wa Taala yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Mengenal Pentingnya Tauhid dan Macamnya #2

Negara Berkah dan Makmur Dengan Bertauhid
[Tim Indonesia Bertauhid]

Iklan

Ditandai:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: