Perpustakaan Masjid Nabawi

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (3)

Penulis kitab Khazain Al-Kutub Al-Arabiyah menyebutkan bahwa perpustakaan masjid nabawi telah ada sebelum peristiwa kebakaran yang terjadi di masjid nabawi pada 13 Ramadhan 886 H. Ikut terbakar pada peristiwa itu gudang buku yang menyimpan buku-buku langka dan mushaf – mushaf bersejarah.

perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (6)

Di masa kerajaan Saudi, perpustakaan kembali di bangun pada tahun 1352 H atas usulan As-Sayyid Abid Madany -rahimahullah-, dan yang ditunjuk sebagai direktur pertama kalinya adalah As-Sayyid Ahmad Yasin Al-Khiyaary. Sebelum dibangun ulang, di masjid nabawi sudah tersimpan buku-buku yang di wakafkan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz Al-Waziir pada tahun 1320 H. Buku-buku itu terus tersimpan dan menjadi inventaris pertama perpustakaan masjid nabawi.

perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (2)

Di masjid nabawi, setidaknya terdapat 6 bagian perpustakaan dengan fungsi yang berbeda:

  1. Ruang baca yang terdiri dari :
    • Ruang baca khusus untuk pria.Ruangan ini terletak di pojok utara lantai dua masjid. Dapat diakses dengan eskalator melalui pintu nomor 10. Diruangan ini tersedia 308 meja. 100.000 buku dan 300 kursi untuk pengunjung. Bagi pengunjung yang tidak bisa berbahasa arab, perpustakaan menyediakan buku-buku dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

      perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (5)

    • Maktabah raqmiyah (digital library)Pada bagian ini disediakan komputer yang menyimpan berbagai program dan data yang meliputi buku elektronik, manuskrip dan rekaman pelajaran-pelajaran yang disampaikan di Masjid Nabawi dan Masjidil Harom.

      perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (7)

    • Ruangan Terbatas. Pada ruangan ini disediakan buku-buku yang terbatas untuk kalangan tertentu.
    • Ruangan buletin dan majalah. Diruangan ini tersimpan lebih dari 3.000 buletin dan majalah.
    • Ruang penyimpanan buku-buku langka

    • Ruang AlMaktabah An Nisaaiyyah (khusus wanita)

      perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (1)
      Terdiri dari 5 ruangan. Tiga ruangan terletak di tempat sholat wanita bagian timur, dapat diakses melalui pintu Utsman bin Affan -radhiallahu anhu- (24) dan dua ruangan lainnya terletak di tempat sholat bagian barat, dapat di akses melalui pintu Umar bin Khottob -radhiallahu anhu-(16). Ruang khusus wanita ini mulai dioperasikan sejak 1 Jamadil awwal 1416 H.
  2. Ruangan Al Majmu’at Al Khaassah (Khusus)Ruangan ini terletak di Gate Utsman, tepat pada batas akhir perluasan Saudi yang pertama. Terdiri dari dua lantai yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan manuskrip asli, manuskrip salinan, manuskrip copyan dalam bentuk kertas dan manuskrip copyan dalam bentuk microfilm. Ditempat ini juga disimpan berbagai alat yang digunakan untuk merawat manuskrip dll.
  3. Ruangan Al Qism Al Maktabah Ash Shautiyyah (record)Terletak di pintu nomer 17. Ruangan ini dikhususkan untuk menyimpan semua rekaman pelajaran dan khutbah yang disampaikan di masjid nabawi dan masjidil harom. Di ruangan ini setidaknya tersimpan lebih dari 100.000 jam rekaman. Bagi yang ingin menyalinnya cukup dengan membawa Hard Disk kosong yang bekapasitas 1 Tera. Anda bisa langsung membawa salinan tersebut sehari setelah menyerahkan Hard Disk.
  4. Bagian artisticTerletak di pintu 9 masjid. Ruangan ini dikhususkan untuk penjilidan dan perawatan manuskrip dan buku-buku lainnya. Tempat ini juga digunakan untuk menjilid permintaan buku berjilid dan manuskrip dalam bentuk copyan.
  5. Ruangan Tashnif (penyusunan), Tazwid (penambahan) dan Fihris (index)Terletak di pintu 9 masjid. Ruangan ini dikhususkan untuk mendata setiap buku yang masuk, bertanggung jawab terhadap pengadaan buku dan penerimaan waqaf dari pihak-pihak yang ingin mewaqafkan bukunya ke masjid nabawi.
  6. GudangRuangan ini dikhususkan untuk menyimpan buku-buku yang jumlahnya lebih dari yang dibutuhkan perpustakaan. Diruangan ini pula disimpan buku-buku yang akan dibagikan untuk masjid dan perpustakaan di seluruh dunia.

perpustakaan masjid nabawi madinah saudi arabia (4)

Sekian dulu perkenalan kita dengan perpustakaan masjid nabawi. Ditunggu kunjungan anda.
Baarakallahu fiikum.

______________
Madinah 4 Dzulhijjah 1436 H
ACT El-Gharantaly

Iklan

Ditandai:, , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: