Air Nabīdz : Air Kesehatan Kegemaran Nabi ﷺ

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala rasulillah, amma ba’du,

10456018_933248663406762_6248981308800709177_n

Air nabīdz adalah air rendaman (infused water) kurma / kismis (raisins). Kurma atau kismis di rendam dalam air masak semalaman (dalam wadah yang bertutup) dan diminum keesokkan paginya. Air nabīdz ini merupakan kegemaran Rasulullah ﷺ . Nabi ﷺ merendam beberapa butir kurma atau kismis (salah satunya) di dalam air matang dalam wadah bertutup selama 12 jam. Airnya diminum & buah kurma yang sudah lembut ditelan sekali telan.

Ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang cara membuat air nabīdz ini, salah satunya riwayat dari Imam Muslim sebagai berikut :
Aisyah pernah ditanya tentang nabīdz , kemudian ia memanggil seorang budak wanita asal Habasyah. “Bertanyalah kepada wanita ini!” Kata Aisyah.
“Karena ia dahulu pernah membuat nabīdz untuk Rasulullah ﷺ ,” tambahnya.
Lalu wanita asal Habasyah itu berkata, “Aku pernah membuat nabīdz untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian aku mengikatnya dan menggantungnya. Lalu di pagi 
harinya beliau ﷺ meminumnya.”

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah ﷺ di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya di pagi hari.”
(H.R. Muslim)

Berbicara mengenai infused water. Orang barat baru sekarang faham dan baru mempopulerkan khasiat infuse water ini. Tetapi Nabi Muhammad ﷺ telah lama melakukan hal ini.

Dari segi kesehatan tubuh, buah kurma telah terbukti sebagai :

  1. Pemberi & pemulih tenaga, (inilah sebab mengapa kita disunahkan untuk memakan buah kurma pada saat berbuka puasa).
  2. Tinggi kandungan fiber ~
    menghilangkan kolestrol jahat yang terkumpul di dalam tubuh. Sangat bagus dalam menghilangkan sembelit (atau meredakan & memulihkan diri dari sembelit).
  3. Pemberi zat besi yang sangat
    bagus.
  4. Kaya akan pottassium ~ penting dalam menjaga jantung & menstabilkan tekanan darah.

Khasiat air nabīdz

Air nabīdz adalah minuman berakali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu badan untuk menyingkirkan toksin yang berbahaya didalam tubuh, dalam kata lain berguna sebagai detox. Disebabkan air nabīdz tinggi akan kadar fiber, ia mampu membantu proses pencernaan yang baik & meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa.

Cara membuat air nabīdz :

Rendamlah beberapa butir kurma ke dalam air masak didalam segelas air.
Alangkah baiknya dibuat pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan gelas rendaman kurma tersebut tertutup rapat.
Keesokkan paginya (+ 8-12 jam setelah perendaman), air rendaman baru boleh diminum & buah kurma hasil rendaman yang telah lembut ikut dimakan.

Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabīdz adalah kurma ajwa (kurma nabi). Tapi kalo tidak ada kurma ajwa bisa menggunakan buah kurma yang lainnya.

Kalau ingin membuat air nabīdz dengan menggunakan buah kismis pun bisa. Caranya ambil segenggam kismis, kemudian direndam dalam segelas air.
Dan dibiarkan semalaman seperti membuat air rendaman kurma.

Kalau ingin meminum air nabīdz di waktu pagi hari,
siapkan rendaman kurma / kismis pada sore menjelang malam. Dan jika ingin meminum air nabīdz di waktu malam, buatlah rendaman kurma / kismis di waktu pagi hari (+ 8 sampe 12 jam perendaman).

Larangan dalam membuat air nabīdz :

Hanya menggunakan salah satu daripada kedua buah tadi (Kurma / Kismis) pada satu waktu. Tidak boleh mencampurkan antara kurma dan kismis dalam membuat air nabīdz . Maksudnya tidak boleh mencampurkan kedua buah tersebut dalam satu wadah.
(Dalil larangan diriwayatkan beberapa sahabat dan dipilih jumhur madzahib; Ahmad, Malik, Syafi’i dll)

Air nabīdz bila tersimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari.
Tetapi dilarang meminum air rendaman kurma / kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari. Ini disebabkan air rendaman kurma / kismis yang dibiarkan melebihi 3 hari terjadi proses fermentasi, yang menjadikan, air rendaman kismis / kurma tersebut menjadi arak, dan hukumnya haram untuk diminum. (karena menjadi sesuatu yang memabukkan) Oleh karena itu, lebih baik membuat air nabīdz fresh daily.

Dalam meminum atau menikmati Air nabīdz ini dapat ditambah dengan susu / yogurt.  Semoga bermanfaat.

Silakan bagikan tips sehat ala nabi ini agar dibaca oleh saudara, tetangga dan teman-teman.

sumber

Iklan

Ditandai:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: